E-Wallet Bitcoin

Apa Itu Dompet Bitcoin ?

Wallet Bitcoin, adalah tempat (dompet) penyimpanan Bitcoin. Seseorang, tidak akan bisa memiliki Bitcoin tanpa mempunyai tempat penyimpanan Bitcoin (Dompet Bitcoin / Wallet Bitcoin). Fungsi wallet Bitcoin ini adalah untuk menyimpan beberapa keypair kriptografi, atau lebih biasa dikenal dengan sebutan “Bitcoin Address” (alamat Bitcoin).

Sifat Wallet Bitcoin berbeda dengan dompet konvensional yang biasa kita kenal, yang fungsinya mampu menyimpan sejumlah uang. Sementara, Wallet Bitcoin memiliki fungsi yang berbeda, karena dompet Bitcoin akan mengorganisasikan sejumlah alamat Bitcoin (Bitcoin address) yang dimiliki oleh si pengguna.

Sementara itu jumlah dana yang dimiliki pengguna dapat diakses dengan melakukan permintaan data jumlah dana yang terdapat pada alamat-alamat Bitcoin yang dimiliki dan menjumlahkannya.

Di dalam Bitcoin, seorang pengguna Bitcoin, bisa memiliki banyak alamat bitcoin. Dengan alamat bitcoin (Bitcoin Address) inilah, pengguna Bitcoin bisa saling bertransaksi, baik mengirim maupun menerima Bitcoin dari pengguna lainnya.

Untuk bisa membelanjakan Bitcoin, pemilik membutuhkan baris kode khusus bernama “private key”. Baris kode ini disimpan di dalam “wallet” atau dompet digital. Ketika akan dipakai, barulah pemilik mengakses kode tersebut dan menggunakannya untuk transaksi. Ada dua hal yang perlu diketahui, yakni tentang Private Key, dan Public Key dalam wallet Bitcoin.

Private Keys

Private Key (kunci rahasia), hanya diketahui oleh pemilik alamat Bitcoin. Sifatnya, private key berfungsi layaknya sebagai nomor PIN dalam sebuah rekening Bank. Secara garis besar, Private Key inilah sebagai kunci pengaman pengguna bitcoin. Private key bisa disimpan di komputer maupun dicetak dengan printer. Jika Private Key ini diketahui orang lain, maka besar kemungkinan akan bisa dicuri oleh orang lain

Contoh Private Key:

5KJvsngHeMpm884wtkJNzQGaCErckhHJBGFsvd3VyK5qMZXj3hS

Public Keys

Public Key, lebih tercermin pada alamat bitcoin (Bitcoin Address). Public Key didalam Bitcoin, memiliki fungsi untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima Bitcoin. Sehingga bitcoin akan bisa didistribusikan kepada orang lain.

Contoh Alamat Bitcoin:

1rYK1YzEGa59pI314159KUF2Za4jAYYTd

Macam dan Bentuk Dompet Bitcoin

Membuat Dompet Bitcoin, adalah langkah pertama untuk bisa langsung berinteraksi dengan Bitcoin. Seperti pada pembahasan sebelumnya tentang pengertian Dompet Bitcoin, bahwa dompet Bitcoin berfungsi sebagai tempat penyimpanan Bitcoin, dan selanjutnya dengan alamat Bitcoin, pengguna bisa bertransaksi menggunakan Bitcoin.

Jenis Bitcoin Wallet ada 5 macam :

  1. Desktop Wallet,
  2. Mobile Wallet,
  3. Online Wallet,
  4. Hardware Wallet, dan
  5. Paper Wallet.

Berikut dibawah ini adalah pengertian masing-masing wallet tersebut.

Desktop Wallets

Dompet Bitcoin ini, menggunakan perangkat lunak (software) wallet yang harus diinstall di komputer Anda sendiri. Dengan perangkat lunak ini, penggunak memegang kontrol penuh atas dompet Bitcoinnya sendiri. Perangkat lunak dompet Bitcoin ini sudah tersedia dalam berbagai macam platform, seperti Windows, Linux, dan mac.

Berikut macam-macam perangkat lunak yang bisa digunakan di komputer anda.

  • Bitcoin-QT : Bitcoin-QT ini adalah software original Bitcoin
  • Multibit
  • Armory
  • Electrum

Mobile wallets

Mobile Wallet ini, adalah aplikasi yang bisa didownload di ponsel, sehingga dapat dipergunakan dimana saja menggunakan ponsel atau smartphone.

Online Wallets

wallet yang tersimpan di server pihak ketiga, yaitu perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan bitcoin. Menggunakan web wallet artinya mempercayakan bitcoin kepada pihak lain.

Situs penyedia web wallet :

Hardware Wallets

Dompet Bitcoin yang ini, adalah dompet Bitcoin dengan bentuk perangkat keras yang difungsikan sama seperti dompet Bitcoin pada umumnya. Perangkat keras ini, dibuat oleh perusahaan tertentu, dan hingga saat ini terdapat banyak macam perangkat yang sudah tersedia dipasaran.

Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keras dompet Bitcoin:

  • Trezor hardware wallet
  • Ledger USB wallet
  • KeepKey
TrezorwalletbitcoinTrezor hardware wallet
LedgerUSBEntropywalletLedger USB wallet
 cryptocrkeepkey
KeepKey, salah satu Hardware Wallet

Paper Wallets

Dompet Bitcoin dalam bentuk ini, adalah dompet Bitcoin yang tercetak di kertas atau media fisik lainnya, termasuk juga dalam bentuk kartu. Paper wallet lebih aman terhadap pencurian digital seperti hacking, namun, karena bentuk fisiknya tersebut, membuat paper wallet lebih rentan terhadap gangguan fisik.

 cryptocrpaperwallets
Paper Wallet

LALU MANAKAH TYPE WALLET YANG AMAN DAN MUDAH DIGUNAKAN ??

Saran saya pribadi, adalah type “online wallet” yang paling mudah digunakan, karena selain kita otomatis mendapatkan alamat bitcoin dan coin lainnya saat kita mendaftar, kita juga bisa melakukan penukaran langsung ke rupiah dengan mudah.

Tentunya… kita harus mencari situs e-wallet yang benar-benar terjamin keamanannya dan bila perlu dengan sistem keamanan berlapis, sehingga pundi-pundi bitcoin kita aman.

Dan saya merekomendasikan 3 situs ini saja, silahkan klik gambar langsung untuk mendaftar, lalu lakukan verifikasi kemudian

468x60

CARA MEMBUAT AKUN VIP-BITCOIN BESERTA CARA VERIFIKASINYA

coinbase-banner

luno_banner

Ketiga situs rekomendasi saya diatas sudah support Bank Lokal Indonesia, jadi memudahkan anda untuk bertransaksi bitcoin ataupun coin lainnya.

Selamat menabung bitcoin…

Advertisements